Minggu, 06 Januari 2019

Gambar Rumah Adat Rakit Limas Bangka Belitung

Yuk kita kupas satu per satu mulai dari pembagian ruangan hingga fungsi bangunannya. Provinsi bangka belitung terdiri atas 2 pulau besar yakni pulau bangka dan pulau belitung serta 470 pulau kecil yang menyebar terpisah.

Rumah Adat Rakit Berasal Dari

Rumah panggung bangka belitung juga memiliki beranda yang ada.

Gambar rumah adat rakit limas bangka belitung. Saat ini rumah rakit banyak dibangun di pinggir sungai musi yang mana ditempati oleh orang keturunan tionghoa. Ada tiga jenis dari rumah adat bangka belitung yakni rumah rakit rumah limas serta rumah panggung. Nah selain terkenal dengan penghasil timah yang melimpah bangka belitung juga.

Rumah limas memang menjadi rumah adat khas palembang ataupun sumatera selatan. Selain kaya dengan timah bangka belitung juga kaya akan. Rumah adat bangka belitung mewarisi gaya arsitektur melayu awal melayu bubungan limas dan juga rumah melayu bubung panjang.

Provinsi ini di resmikan memiliki 470 pulau kecil dan 2 pulau besar yaitu pulau bangka dan pulau belitung. Namun secara garis besar rumah ada di bangka belitung terdiri atas tiga jenis yaitu rumah rakit rumah limas dan rumah panggung. Dari semuanya rumah rakitlah yang paling terkenal.

Diresmikan pada tanggal 9 februari 2001 provinsi ini memiliki 470 pulau kecil dan 2 pulau besar pulau bangka dan pulau belitung. Bangka belitung terdiri dari dua pulau besar yaitu pulau bangka dan pulau belitung sehingga bisa disingkat menjadi bangka belitung. Hal ini juga pengaruh oleh masyarakat palembang yang merantau ke bangka belitung dan membawa budaya mereka ke sana.

Rumah melayu awal berupa rumah panggung dengan bahan utama kayu rotan bambu daun daun akar pohon dan atau juga alang alangrumah panggung dari melayu awal ini memiliki atap yang tinggi dan sedikit miring. Rumah adat bangka belitung provinsi kepulauan bangka belitung berdekatan dengan pulau sumatra. Namun kenyataannya rumah limas juga ada di bangka belitung sebagai adopsi dari rumah tradisional asal sumatra selatan ini.

Rumah adat bangka belitung adalah bangunan rumah tradisional yang berada di provinsi kepulauan bangka belitung. Terdapat tiga jenis rumah adat yang dikenal di daerah setempat dan menjadi rumah khas dari provinsi ini. Disebut sebagai rumah rakit karena bentuk dan rupanya memang seperti rakit yang lengkap.

Jenis rumah adat bangka belitung. Rakit dan limas yang menjadi bagian dari jenis rumah adat inilah yang kemudian dikenal sebagai rumah adat dari daerah ini. Beberapa di antaranya yaitu rumah limas rumah rakit dan rumah panggung.

Rumah adat bangka belitung terdiri dari tiga jenis rumah yaitu rumah panggung rumah limas dan rumah rakit. Pada tanggal 9 februari 2001. Provinsi bangka belitung rumah adat rakit dan limas asal usul rumah rakit konon rumah rumah rakit yang dibangun di pinggir pinggir sungai musi ini dulunya dihuni oleh warga keturunan tionghoa.

Rumah adat rakit limas banyak dikenal sebagai rumah adat dari bangka belitung. Ketiganya memiliki sentuhan adat melayu pada arsitekturnya. Rumah khas bangka belitung disebut dengan rumah rakit limas.

Provinsi kepulauan bangka belitung sendiri berada di dekat pulau sumatra. Rakit limas adalah rumah adat dari bangka belitung. Rumah adat bangka belitung bangka belitung adalah salah satu provinsi di indonesia yang terletak di sebelah timur pulau sumatera berdekatan dengan provinsi sumatera selatan.

Salah satu tempat penghasilan timah terbesar di dunia.

35 Ragam Rumah Adat Indonesia Dari Berbagai Provinsi

Dby3yyzqkd6n4m

35 Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Beserta Gambar

Rumah Adat Bangka Belitung Lengkap Jenis Dan Fakta Menarik

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Penjelasan Gambar

37 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan

Https Encrypted Tbn0 Gstatic Com Images Q Tbn 3aand9gct2 E0afs1l3oh9nvwkzx5dracrkt Fe Gfn2pvzdyafs T D U Usqp Cau

34 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Berserta Namanya

10 Rumah Adat Nusantara Ini Selain Unik Juga Menyimpan Makna Serta Mendunia Loperonline Com

Http Digilib Mercubuana Ac Id Manager T File Artikel Abstrak Isi Artikel 111593302056 Pdf

34 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

40 Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasan

Macam Macam Rumah Adat Dari Daerah Asal Hingga Penjelasannya

Rumah Adat Di Indonesia Beserta Gambar Dan Penjelasan Nyontex Com


0 komentar:

Posting Komentar